Ini Akibatnya Bila Sering Tidur Ngorok



Ini Akibatnya Bila Sering Tidur Ngorok [ www.BlogApaAja.com ]

Mendengkur atau ngorok terjadi karena salurannapas terganggu karena penyumbatan aliran udara di hidung dan mulut. Bilamendengkur terjadi terus-menerus, ada dampak kesehatan yang patut Andawaspadai.



Tersumbatnya saluran napas membuat Andaberjuang untuk bernapas saat tidur, sehingga menyebabkan daerah bagian atastenggorokan dan lidah bergabung ke langit-langit mulut dan bergetar. Inilahyang menyebabkan suara keras keluar saat tidur.

Seringkali, mendengkur juga dapat merupakangejala dari gangguan yang lebih serius. Mendengkur dapat dikaitkan denganobesitas, penuaan dan mungkin efek dari obat penenang atau alkohol. Makan tepatsebelum tidur juga dapat meningkatkan kejadian mendengkur.

Berikut dampak yang terjadi bila Anda seringtidur mendengkur, seperti dilansir Livestrong :

1. Waktu tidur berkurang



Mendengkur dapat menyebabkan gangguan dalamtidur. Mendengkur yang berkelanjutan dapat menyebabkan kurang tidur, yang dapatmempengaruhi kualitas hidup Anda.

Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati,tingkat stres, seksualitas, kemampuan untuk menahan nafsu makan dan lainnya.

2. Sleep apnea



Sleep apnea mengacu pada penghentianpernapasan untuk periode singkat. Setiap episode sleep apnea akan memilikidurasi lebih dari 10 detik.

Mungkin ada sampai tujuh kejadian apnea tidurdalam satu jam, dan sampai 30 sampai 300 episode sleep apnea per malam, menurutAmerican Academy of Otolaryngology.

Sleep apnea dapat menurunkan jumlah oksigendalam darah, yang mengubah irama pemompaan jantung.

Tingkat tekanan darah juga akan naik dengansleep apnea yang sedang berlangsung. Juga, jantung mungkin bertambah besar saatgangguan ini berlangsung.

Pada kasus yang lebih parah, mendengkur dansleep apnea dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

3. Stres pada hubungan suami istri



Suara dengkuran yang keras dapat menambahkanstres untuk suatu hubungan. Jika satu pasangan tidak bisa tidur karena suaradengkuran pasangan lain, hubungan dapat menjadi lebih sulit. Mendengkur membuattidur menjadi waktu yang menyiksa bagi pasangan, karena harus bangun berulangkali karena mendengkur keras.

4. Kehilangan motivasi untuk olahraga



Mendengkur dapat melemahkan kemauan untuklatihan dan berolahraga. Mendengkur dapat membuat tubuh lebih lemah, sehinggatidak memiliki energi yang dibutuhkan untuk latihan.

Seiring waktu, mendengkur dapat menyebabkanpenurunan secara keseluruhan dalam kesehatan.

5. Bermasalah di tempat kerja



Orang yang mendengkur dapat memiliki masalahdi tempat kerja karena kurang tidur. Bila terjadi terus-menerus dapatmenurunkan produktivitas kerja dan mengancam kemampuan untuk fokus padapekerjaan rinci.

: detik health

Follow On Twitter